Selasa, 23 Maret 2010

Menghilangkan Mental Blok dengan SEFT

Pernahkan Anda merasakan kesulitan saat ingin berubah?. Misalnya ketika Anda telah menetapkan ulang visi hidup Anda maka misi pun mulai Anda buat. Misi yang Anda susun dan rencanakan adalah sesuatu yang baru yang Anda harus lakukan untuk mencapai visi Anda tersebut. Hari berganti hari, bulan berganti bulan kemudian yang Anda rasakan bahwa misi hanyalah tinggal misi. Kok sulit sekali melakukannya sih?.

Kesulitan itu bukan karena tidak tahu caranya menjalankan rencana tetapi karena mental blok yang ada padanya. Contoh kongkritnya seperti yang dialami oleh sahabat saya sendiri. Ia curhat kepada saya ketika dia telah menetapkan untuk pindah pekerjaan. Ia sadar bahwa langkah pertama yang ia harus lakukan adalah mencari lowongan dan mengirim surat lamaran. Tetapi kenapa sih sulit padahal sekarang ia bilang bisa pakai sarana internet untuk melakukan itu semua?.

Saya katakan kepadanya bahwa itulah mental blok. Kesulitan itu bukan karena ia tidak bisa mengoperasikan komputer dan internet tetapi karena ia sudah punya bayangan dalam pikirannya bahwa ia harus menghadapi hal-hal baru; orang-orang baru dsb. Ia juga ternyata merasa ketakutan jangan-jangan ia tidak akan diterima karena usianya sudah tidak muda lagi. Atau jangan-jangan ia tidak akan mampu menyelesaikan tugas-tugas yang menjadi tanggungjawabnya nanti. Pendeknya dalam pikirannya (pikiran bawah sadarnya) bahwa ia akan menghadapi segala ketidaknyamanan. Ya.... begitu kuatnya pikiran bawah sadarnya melakukan sabotase terhadap pikiran sadarnya sehingga ia menjadi malas untuk melakukan sesuatu yang ia telah rencanakan. Lalu solusinya bagaimana?. Ia harus melenyapkan semua mental blok yang ada pada dirinya. Caranya bagaimana?. Caranya ialah dengan melakukan pemrograman ulang pikiran bawah sadarnya diantaranya dengan; hypnosis, visualisasi kreatif, Afirmasi tertulis, SEFT dll.

EFT adalah jagonya dalam menghilangkan mental blok. Mental blok yang ada pada diri seseorang selalu disertai emosi-emosi negatif yaitu rasa takut, malu, kurang pede, dll. Bagaimana caranya?. Ya, lakukan saja seperti kita melakukannya ketika kita mau menghilangkan phobia (bisa Anda baca posting sebelumnya). Yang kita ubah adalah kalimat SET-UP dan kalimat PENGINGAT dan mulailah dengan emosi negatif yang paling dominan lalu kemudian ke-emosi-emosi negatif lainnya. Lakukan satu hari SEFT untuk satu emosi negatif.

Saya telah bahas sebelumnya mengenai pemrograman ulang dengan Afirmasi tertulis karena megingat kemudahannya, tetapi saya ingin katakan bahwa menggabungkan dengan SEFT akan membuat afirmasi tertulis lebih efektif.

Akhir kata saya ingin mengajak pembaca untuk memulai hari dengan semangat baru tanpa rasa takut kecuali hanya takut kepada Alloh SWT. Semoga Alloh SWT. Selalu membimbing kita ke jalan yang Alloh ridhoi. Amiin.

Technorati Profile

Terapi dengan EFT sangat efektif sembuhkan Phobia




Hypnoterapi adalah suatu cara yang baik untuk sembuhkan phobia. Tetapi kalau terapi ini dipakai untuk self-healing tentunya tidak mudah karena dengan self-hypnosis seseorang harus memasuki kondisi trance terlebih dahulu. Sedangkan EFT menurut saya sangat mudah dan juga sangat tepat jika ingin melakukan self-healing.

EFT pada intinya adalah membebaskan atau menghilangkan energi pengganggu dalam sistem energi di tubuh seseorang. Energi pengganggu ini berupa emosi-emosi negatif saat seseorang mengalami sedih, takut, malu, jijik, marah, geli dsb.Emosi-emosi yang diluar batas kewajaran menyebabkan seseorang trauma atau phobia. Pada awalnya ilmu ini adalah dari pengobatan akupunktur sehingga diketahuilah mengenai titik-titik akupunktur dan Meridian. Berikut menurut wikipedia penjelasannya: ” Meridian adalah jalur lalu lintas energi dalam tubuh. Dan sebagaimana lalu lintas, pada meridian ada jalur/jalan, ada hambatan, ada persimpangan, ada titik awal, ada titik akhir dan sebagainya. Jika jalan energi pada meridian lancar, maka akan tercipta keharmonisan dalam tubuh, dan tubuh kita mampu melawan penyakit, sebaliknya jika terjadi hambatan pada meridian maka akan muncul gangguan kesehatan.”

Ada beberapa istilah yang harus Anda kuasai terlebih dahulu untuk melakukan EFT. Tapping, Satu putaran EFT, kalimat SET-UP, dan kalimat PENGINGAT. Tapping adalah mengetuk dengan jari telunjuk dan tengah dengan kuat (tetapi tidak membuat luka atau sakit) di titik titik energi pada tubuh kita. Satu putaran itu EFT adalah : set-up, tapping berurutan, prosedur 9 gamut, dan tapping berurutan.
Kalimat SET-UP adalah kalimat yang spesifik dibuat untuk satu masalah tertentu yang tujuannya adalah untuk memastikan sistem energi di tubuh kita dengan benar diarahkan sebelum melakukan menghilangkan gangguannya.
Kalimat PENGINGAT adalah kalimat pendek yang dibuat agar kita tetap ”tune-in” pada masalah yang akan dihilangkan. Untuk ”tune-in” itu adalah dengan mengingat masalah. Tentunya tidak mudah selama melakukan proses EFT secara sadar terus mengingat masalah. Oleh karena itu dibuatlah kalimat PENGINGAT.
Tapping berurutan adalah mengetuk di tempat-tempat tertentu dalam tubuh kita dalam jalur Meridian. Titik titik itu disebut Titik Energi, yaitu :: EB, SE, UE, UN, UL, CB, SS, dan pada tangan : TN, IF, MF, GP, LF, KC. (Lihat Gambar!)


Kemudian langkah-langkah dasar EFT adalah sebagai berikut:

1. Mengidentifikasi masalah dan membuat kalimat SET-UP dan kalimat PENGINGAT.
2. Bayangkan (kalau memungkinkan hadirkan) objek masalah. Ukur tingkat intensistasnya (0-10; 0 = tidak ada masalah, 10 = masalah sangat kuat/ maksimum)

3. SET-UP : Ucapkan 3x kalimat SET-UP. Contoh : “Meskipun saya memiliki …………….., saya menerima diri saya dengan ikhlas dan sepenuh hati saya”. (isi titik-titik dengan masalah kita) sambil terus-menerus menggosok titik SS atau KC
4. Tapping-berurutan: Lakukan ”tap” kira-kira 7x di setiap titik energi sambil mengulangi mebgucapan kalimat PENGIGAT pada titk-titik sebagai berikut: EB, SE, UE, UN, UL, CB, UA, TN, IF, MF, LF, dan KC.
5. Prosdedur 9 Gamut: Terus-menerus melakukan ”tap” pada titik gamut (GP) sambil melakukan 9 aktivitas sbb:
(a) Tutup mata
(b) Buka mata
(c) Mata Menoleh ke kanan
(d) Mata Menoleh ke kiri
(e) Putar bola mata searah jarum jam
(f) Putar bola mata kebalikan arah jarum jam
(g) Senandungkan lagu apa saja selama 2 detik
(h) Menghitung dari 1 sampai 5
(i) Senandungkan lagi lagu selama 2 detik

6. Tapping-berurutan: Lakukan ”tap” lagi kira-kira 7x di setiap titik energi sambil mengulangi mebgucapan kalimat PENGIGAT pada titk-titik sebagai berikut: EB, SE, UE, UN, UL, CB, UA, TN, IF, MF, LF, dan KC.
7. Tarik napas yang dalam dan hembuskan perlahan-lahan sambil membayangkan masalah menghilang seiring hembusan napas.
8. Ukur intensitasnya
9. Ulangi langkah 3 – 8 jika perlu
10. Pastikan semua perasan telah hilang dan tingkat intensitas mencapai 0.

Kini tiba giliran Anda latihan, mencoba untuk menghilangkan phobia yang selama ini Anda rasakan misalnya, rasa jijik dan geli bila bersentuhan dengan cicak. Mula-mula Anda membuat kalimat SET-UP sebagai berikut :“Meskipun saya memiliki jijik dan geli pada cicak , saya menerima diri saya dengan ikhlas dan sepenuh hati saya”. Lalu buat kalimat PENGINGAT , ”Jijik dan geli pada cicak” . Lakukan langkah selanjutnya mulai langkah 2 sampai 10. Selamat mencoba!.

Kamis, 14 Januari 2010

Visualisasi dan SEFT (VSEFT®) adalah soul-mate yang Dahsyat!

.

Visualisasi telah mengecewakan banyak orang yang mencobanya tetapi mereka tidak berhasil seperti yang mereka inginkan Masalahnya bukan pada visualisasinya, tetapi karena belum tahu cara termudah untuk mencapainya..

Sedikit sekali orang yang tahu tentang visualisasi. Ada juga mereka yang mempercayainya bahwa visualisasi dapat bekerja efektif dan itu sangat sedikit orangnya. Bahkan lebih sedikit lagi orang yang tahu bagaimana cara melakukannya dengan benar. Dr. Muruga berpendapat bahwa bukan karena Visualisasinya yang tidak efektif tetapi beliau bilang visualisasi ini sangat efektif tetapi hanya saja caranya memerlukan kondisi semi-meditatif yang tidak semua orang bisa melakukannya sehingga beliau tidak memprioritaskan Visualiasi dalam bukunya “Reprogramming Subs-consciuos Mind”,. Tetapi itu bukan jalan buntu!. Alhamdulillah Alloh menunjukkan jalan-Nya, yaitu jalan kemudahan.

Dengan tiba-tiba saya punya ide, yaitu kombinasi Visualisasi dan SEFT. Saya akui, tidak mudah menguasai teknik visualisasi. Dan saat itulah, ketika ingin melatih visualisasi, SEFT saya diterapkan untuk membuang emosi negatif yang menyertai proses mencapai “visualisasi yang berhasil” yaitu, susah, berat, bayangan kegagalan dll. Dengan kata lain SEFT bisa menjadi cara untuk menuju Visualisasi yang Berhasil.

Sebaliknya Setelah kita bisa melakukan visualisasi, akan timbul keraguan, was-was, khawatir setelah melakukannya. Maka peran SEFT disini untuk menjaga dan mengarahkan keberhasilan Visualsiasi.

SEFT adalah hasil pengembangan Bapak Ahmad Faiz Zainudin dan Visualisasi yang saya terapkan adalah pengembangan dari Bapak Bryan Kumar. Proses yang akan saya kemukakan di sini adalah proses VSEFT® (Visualization and Spiritual, Emotional Freedom Technique), yaitu gabungan visualisasi dan SEFT yang sudah saya praktekkan dan benar-benar berhasil. Mari kita bahas langkah demi langkah. Urutan prosesnya adalah sbb:

1. Carilah tempat yang sepi sehingga Anda tidak mendapat gangguan selama 5 sampai 15 menit. Tempat tidur mungkin lebih ideal, asalkan Anda telah memutuskan untuk sementara sambungan telepon, bel, dan pintunya telah Anda kunci. Tutup juga gordengnya untuk menghalangi sinar matahari langsung dan jika perlu boleh Anda redupkan cahaya lampu di ruangan Anda.
2. Duduk bersandar dengan nyaman. Pakai pakaian yang nyaman dan hindari pakaian yang dapat menghambat pernapasan atau aliran darah di semua bagian tubuh Anda.
3. Tutup mata Anda dan biarkan Anda menjadi rileks. Putar bola mata Anda ke arah atas seperti Anda melihat ke arah kening Anda dan kemudian tutup mata Anda. Jangan Anda paksakan tetapi putar bola mata Anda sejauh Anda merasa nyaman.
4. Tarik napas yang dalam dan perlahan lewat hidung Anda dan hembuskan perlahan lewat mulut Anda. Dengan tetap bola mata Anda ke atas, mulailah Anda fokus pada napas Anda. Perhatikan masuk dan keluarnya udara ke dan dari paru-paru Anda. Perhatikan juga suara yang menyertai napas Anda.
5. Lanjutkan bernapas selama satu menit atau lebih jika perlu sampai Anda merasakan tubuh Anda menjadi sangat rileks dan tenang. Cara bernapas dengan memutar bola mata ke atas akan membawa Anda ke ”Alpha State” dengan cepat. Kondisi tersebut sangat ideal untuk melakukan Visualisasi.
6. Selanjutnya, bayangkan kejadian di masa lalu Anda yang membangkitkan kembali emosi positif yang kuat, yaitu memori/ ingatan Anda ketika Anda bahagia, mencintai, atau bersyukur. Memori itu bisa saat Anda menerima penghargaan, atau ketika Anda jatuh cinta , ataupun ketika Anda mendapatkan sesuatu yang telah lama Anda idam-idamkan. Apapun itu asalkan membawa Anda kembali kepada emosi positif yang kuat.Munculkan memori itu sehidup mungkin, kalo kata romi rafael,”beri warna yang jelas, beri cahaya yang jelas” sehinggan memori itu seperti realita yang Anda rasakan saat ini. Rasakan memori itu dengan semua indera Anda.

Ketika Anda masuk ke dalam ”Zona Bahagia”, Anda akan langsung tersambung dengan visualisasi Anda. Semakin kuat emosi positifnya, semakin jelas dan kuat munculnya gambar visualisasi Anda. Semakin jelas gambar visualisasi Anda, akan semakin cepat terwujud dalam realita Anda.

7. Saat ketika Anda mengalami kebahagiaan dari masa lalu Anda dan kebahagiaan dan kegembiraan itu sangat kuat, inilah waktu yang tepat Anda menciptakan gambar visualisasi yang Anda inginkan terjadi di masa depan. Ciptakanlah sesuatu yang ingin Anda miliki, kerjakan, atau menjadi apapun Anda. Bayangkan gambar di pikiran Anda seperti realita yang benar-benar telah terjadi saat ini.
Jika Anda ingin sebuah mobil baru, jangan menyaksikan gambar mental Anda seperti Anda melihat film di bioskop. Tetapi Anda munculkan Anda sendiri masuk ke dalam mobil itu, memegang strir di depan Anda. Anda juga merasakan jok mobil menekan dengan lembut pungung Anda. Cium sedapnya wangi mobil baru, rasakan genggaman telapak tangan Anda pada stir mobil. Gunakan semua indera Anda dan buat senyata mungkin.
Jika uang yang Anda inginkan, bayangkan gepokan uang menumpuk memenuhi divan Anda, bahkan mungkin berjatuhan dari sisi divan ke lantai kamar Anda. Bayangkan beratnya tumpukan uang di atas tubuh Anda saat gepokan uang telah menutupi Anda. Pastikan semua indera Anda terlibat. Bayangkan tangan Anda sendiri memegang uang-uang itu. Cium wangi uang yang baru dicetak. Ambil dan hamburkan ke udara. Saksikan uang berhamburan ke udara dan jatuh kembali ke bawah. Lihat juga orang memberi ucapan selamat dan menyalami Anda atas semua yang telah Anda miliki. Ingat!, Anda harus benar-benar merasa bahagia dan bersyukur seperti Anda benar-benar memiliki uang itu sekarang. Perasaan itu akan menambah energi visualisasi Anda. Rasakan perasaan tersebut dalam diri Anda, biarkan perasaan bahwa ”Anda sudah memiliknya sekarang” .

8. Langkah selanjutnya seperti sedikit aneh bagi sebagian orang, khususnya bagi mereka yang belum pernah mempelajari sukses dengan kekuatan pikiran. Tetapi, apapun itu lakukanlah karena hal ini adalah langkah yang sangat penting dan jangan ditinggalkan, oke?. Bagus!.
Setelah Anda menikmati gambar apa yang Anda inginkan dan benar-benar Anda rasakan dengan semua indera dan perasan Anda, buka mata Anda dan ucapkan:
”Terima kasih yaaa..Alloh sekarang saya membiarkan diri saya untuk...... (isi dengan keinginan Anda misalnya: memiliki uang melimpah yang halal dan berkah, rumah baru atau mobil baru). Insya Alloh, terjadi dengan izin Alloh dan memang demikian”


9. Kemudian lakukan satu putaran SEFT

Kalau Anda lakukan SEFT, itu berarti Anda membuang perasaan was-was, takut dan ketidak-yakinan Anda.
Jangan risaukan kapan dan bagaimana impian Anda terwujud. Berserahlah kepada Alloh dan tawakal kepadaNya atas semua yang menjadi impian Anda.

Pastikan Anda mengakhiri visualisasi Anda dengan langkah ini dan ucapkan dengan kata-kata ”Insya Alloh, atas izin Alloh..........Alhamdulillah.”.

Berapa lama Anda harus melakukan ini?. Jawabannya adalah.. terus lakukan sampai Anda mendapatkan hasil.

Kuncinya adalah konsistensi. Jangan menyerah jika setelah Anda melakukan satu, dua minggu atau bahkan satu atau dua bulan, oke?. Proses ini hanya memerlukan waktu yang sedikit dalam hidup Anda. Waktu 5 – 15 menit per hari adalah investasi yang kecil dalam hidup yang Anda inginkan, bukan?.

Semoga impian besar Anda mewujud ke dalam kenyataan hari-hari Anda. Amiin.


Technorati Profile